Bedanya Netbook, Notebook, Laptop & Ultrabook

Posted by Unknown 31 Des 2013 0 comments

Perbedaan Netbook, Notebook, Leptop & Ultrabook


Sebenarnya perbedaan antara netbook, notebook, laptop & ultrabook tidak menjadi masalah, apapun perangkat yang dipilih selama spesifikasinya memenuhi kebutuhan kita sebagai pengguna maka tidak masalah memilih yang mana. Namun demikian tidak ada salahnya kita mengetahui perbedaannya, terkadang kita butuh informasi sebelum membelinya, dibawah akan dijelaskan secara singkat perbedaan netbook, notebook, laptop & ultrabook.




Netbook


Netbook adalah komputer sejenis notebook namun ukurannya lebih diperkecil dan spesifikasi hardwarenya lebih rendah serta ada beberapa fitur yang dihilangkan dengan tujuan memperkecil ukuran, serta menurunkan harga dari sebuah Netbook itu sendiri. Netbook adalah komputer dengan jenis baru dengan harga, spesifikasi, serta menggunakan hardware yang berbeda dari Notebook. Dulunya Netbook belum disupport semua sistem operasi, namun dengan perkembangan teknologi Netbook kini sudah disupport berbagai Sistem Operasi baik sistem operasi jenis text maupun Gui bahkan Sistem Operasi yang berat seperti Windows 7 pun kini sudah dapat dijalankan di dalam sebuah Netbook. Netbook merupakan versi mini dari notebook dan laptop dari segi ukuran maupun spesifikasi komponennya.

Spesipikasi netbook menggunakan prosesor atom, ram antara 1-2Gb dan grafis yang standart. Dari segi baterai, netbook memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan yang lain dikarenakan kinerja netbook untuk aplikasi yang tidak terlalu membutuhkan power yang terlalu banyak. Netbook cocok digunakan untuk keperluan yang tidak membutuhkan resource besar misalnya untuk berselancar di internet, mengolah dokumen dan multimedia ringan. Netbook tidak dilengkapi DVD karena ukurannya yang kecil minimalis. Netbook berkisar 4,8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 0,5 hingga 2 kg.




Ada yang mengatakan bahwa notebook dan laptop itu sama namun ada pula yang mengatakan bahwa keduanya sangat berbeda. Jika dilihat dari sisi keduanya notebook merupakan perkembangan lebih lanjut dari laptop. Notebook dan Leptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Perbedaan notebook dan Laptop hanya saja dari ukuran hardware yang lebih besar sehingga laptop lebih berat, biasanya ukuran layar laptop berkisar 15 s/d 17 inci. Saat ini semakin sulit membedakan mana yang laptop dan mana yang notebook karena keduanya memiliki spesifikasi yang mirip. Tampaknya sekarang keduanya lebih pada perbedaan penyebutan saja, di Amerika istilah notebook lebih populer dibanding laptop sedangkan di Indonesia sebaliknya.

Notebook menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 s/d 17 inci tergantung dari ukuran notebook itu sendiri. Selain itu, Keyboard yang terdapat pada notebook juga ada yang dilengkapi dengan layar sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Keyboard dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun “PS/2 jika tersedia”.

Berbeda dengan komputer desktop notebook memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portable sangat dibutuhkan oleh user yang mobile bisa bekerja dimana saja. Sifat utama yang dimiliki oleh notebook adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Notebook biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen, walaupun demikian harga notebook pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Spesifikasi notebook jauh lebih tinggi daripada netbook, prosesor seperti AMD dualcore, core 2 duo, core i3 s/d core i7, ram 2 s/d 8 gb membuat kinerja notebook lebih baik, mampu menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti design gambar, video, game, dsb. OS yang digunakan notebook diatas netbook. Notebook dilengkapi dengan dvd, Namun disisi lain baterai masih kurang mendukung dikarenakan kinerja semakin berat maka membutuhkan banyak energy pula yang rata-rata pada notebook menggunakan baterai 4 s/d 6 cell, berat baterai sangat mempengaruhi berat notebook secara keseluruhan semakin banyaknya cell baterai maka semakin berat.



Ultrabook


Ultrabook merupakan sebuah komputer ultraportable laptop dengan desain tipis dan ringan, didefinisikan oleh spesifikasi dari Intel. Ultrabook adalah model atau konsep baru komputer jinjing yang menggabungkan kenyamanan penggunaan tablet dengan kemampuan produktivitas dari sebuah notebook yang bertenaga lebih, rancangan notebook masa depan dari Intel yang menyatukan keunggulan yang dimiliki notebook dan tablet serta menjadi generasi baru dari perangkat yang menggabungkan respon kinerja, keamanan, ringan, dan faktor bentuk yang elegan dikelasnya. Ultrabook telah dilengkapi dengan Instant On yang berarti dalam menyalakan ultrabook tidak perlu menekan tombol power, cukup dengan membuka dan untuk mematikannya tidak perlu dengan shutdown cukup dengan menutup ultrabook

Ultrabook adalah notebook dengan desain yang tipis, ketebalan ultrabook antara 3 mm “diukur dari sisi tertipis” dan memiliki berat antara 1,12 kg sampai 1.36 kg. Ultrabook telah menggunakan processor core i3, core i5 dan core i7. Selain itu baterai ultrabook tidak dapat dilepas dan sudah menyatu dengan casing atau unibody . Meskipun tipis dan ringan ultrabook memiliki durabilitas yang kokoh dan terasa sangat solid ketika digenggam.



Semoga Bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar

Info KLX / D-tracker 150

Ganti kampas Rem depan dan belakang KLX D-tracker bisa diakalin :
-Kampas Rem Depan bisa diganti dengan Kampas Rem Depan Thunder 125
- Kampas Rem Belakang Bisa Diganti Dengan Kampas Rem Depan GL Pro
-Kampas Kopling Bisa Diganti Kampas Kopling Tiger Lebih Awet
Info info Aja support Info info Aja - Original design by Fadli | Copyright of info info aja.